SURAT TUGAS

 Cara Membuat Surat 


1. Cara Membuat Kop Surat Secara Manual

cara pertama dalam membuat kop surat di Microsoft Word adalah secara manual. Sesuai dengan namanya, kop surat ditulis dan diketik secara manual, dan begitu juga dengan pengaturan tata letak elemen lain.


Misalnya logo perusahaan maupun simbol telepon ketika ingin memasukan unsur nomor telepon perusahaan.


Proses ini cukup panjang, namun jika sudah terbiasa maka dijamin proses pembuatan kop surat hanya memakan waktu beberapa menit saja. Berikut detail langkah-langkahnya.

  • Buka lembar kerja baru di Microsoft Word

Langkah pertama silakan untuk membuat atau membuka lembar kerja yang akan diisi dengan badan surat


  • Klik menu Insert

kemudian klik sub menu Header dan selanjutnya pilih Blank Header.

  • Maka lembar kerja akan berubah menjadi gambar berikut ini

Pastikan tampilannya tidak jauh dari ini ya pada Ms. Word yang berbeda.


  • Mulailah mendesain kop surat sesuai kebutuhan

mengisi kop suratLetakan kursor di area Type text yang tersedia di lembar kerja. Ketiklembar kerja word baru, dan detail informasi lain yang ingin dicantumkan di kop surat. Kemudian untuk logo perusahaan bisa masuk ke menu Insert dan pilih Picture. Pilih gambar logo yang tersimpan di perangkat.


  • Buat Garis Lurus Pembatas

Sedangkan untuk membuat garis pembatas antara kop surat dengan badan surat bisa masuk ke menu Insert, Shapes, dan tarik garis di area dimana garis pembatas akan dibuat. Berikut detailnya.


  • Buat Garis Lebih Tebal

Supaya garis pembatas lebih tebal, maka bisa melakukan pengaturan di menu Format yang tersedia. Lalu pilih Shape Outline dan pilih lagi Weight. Detailnya ada pada gambar berikut.



  • Periksa hasil akhir

Desain kop surat bisa dibuat lebih atraktif, sesuaikan dengan tingkat kebutuhan maupun permintaan dari atasan.

Sekarang kop surat secara manual sudah selesai dibuat, dan kemudian tinggal mengetik badan surat di bagian bawahnya.


2. Cara Membuat Kop Surat Secara Otomatis

Cara kedua dalam cara membuat kop surat di Word adalah dengan cara otomatis. Caranya sendiri tentu lebih mudah, sebab sudah tersedia template dan tinggal mengetik unsur apa saja yang akan dimasukan ke dalam kop surat tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


Buka lembar kerja baru di Microsoft Word, dimana surat akan dibuat dan juga ditambahkan kop surat.

Saat jendela New Document muncul di layar, maka pilih Letters dan kemudian pilih template kop surat yang sesuai dengan keinginan. dan terakhir klik tombol Create.

Maka template yang dipilih akan muncul di lembar kerja, dan bisa mengedit informasi apa saja yang akan dimasukan ke dalam kop surat.

Simpan dokumen dan cetak kemudian dikirimkan ke alamat penerima surat tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN BONGKAR PASANG PC

LAPORAN INSTALASI WINDOWS